3 Rekomendasi Wisata Kuliner Di Kalimantan Timur

0
266
wisata kuliner di kalimantan timur

Wisata kuliner menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke lokasi-lokasi khusus. Salah satunya di Kalimantan timur. Kalimantan Timur sendiri memiliki daftar wisata kuliner yang serba lezat dan nikmat. Tentu saja dengan khas masakan daerah sana yang berbeda dari daerah lainnya. Nah, berikut ini rekomendasi kuliner yang bisa dinikmati jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur.

Gence ruan

Meski cukup asing, namun makanan ini memiliki citarasa yang begitu lezat dan siap membuat Anda ketagihan ingin menikmatinya lagi dan lagi. Bahan dasar dari masakan ini adalah kan gambus yang dimasak dengan cara khusus.

Proses penyajiannya, ikan gambus atau yang disebut juga dengan ikan haruan akan dibakar. Pembakaran ini juga menggunakan bumbu tumis. Kemudian iakn dilumuri sambal sehingga rasanya bertambah nikmat. Biasanya menu ini disajikan dengan nasi hangat.

Nasi bakepar

Nasi ini mungkin juga asing tapi merupakan kuliner yang begitu recommended. Wisata kuliner berburu nasi bakepar sendiri sebenarnya cukup sulit. Sedangkan bahan dasarnya adalah nasi putih biasa, namun disajikan dengan cara yang tidak biasa sehingga mampu mengundang perhatian.

Biasanya, nasi akan disajikan dengan rempah-rempah, ikan asin serta minyak sayur. Untuk pelengkap, biasanya ada juga sayur gangan asam kukar yang ikut disajikan bersamanya. Sayur ini satu jenis dengan sayur asem. Jenis kuliner yang satu ini sangat direkomendasikan bagi yang datang ke Kalimantan Timur.

Sate payau

Bagi yang berminat untuk mencoba sate daging rusa, maka di provinsi inilah tempatnya. Kalimantan Timur biasa menyediakan sate daging rusa dalam beberapa kesempatan. Salah satunya adalah di acara festival kesenian. Namun, tidak sewaktu-waktu kuliner lezat dengan citarasa khas ini ada karean dagingnya yang berasal dari hewan yang begitu langka.

Masih ada banyak lagi wisata kuliner Kalimantan Timur yang bisa Anda cicipi. Tentunya dengan rasa yang tidak kalah lezat seperti ayam cincane, bubur pedas, hingga nasi kuning istimewa khas Kalimantan Timur. Berkunjung ke lokasi ini jika belum berwisata kuliner jelas belum lengkap.

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.