28.7 C
Indonesia
Sabtu, Desember 7, 2019
No menu items!

Cuti Bersama dan Libur Lebaran 2019, Ini Keputusannya!

Wajib Baca

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh...

NASIONAL,- Cuti Bersama dan Libur Lebaran 2019. Pemerintah sudah memutuskan bahwa libur serta cuti lebaran tahun 2019 jatuh pada tanggal 3-7 Juni. Dengan kata lain, libur serta cuti lebaran tahun ini tak mengalami perubahan sebagaimana Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri.

Dilansir dari beberapa sumber, Kepala Humas Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, Danang A. Ichwan, Senin (20/5/2019), membenarkan hal itu.

Dana menyebutkan, informasi yang dia ketahui ketetapan itu tidak berubah, cuti serta libur lebaran merujuk pada SKB tiga menteri.

Informasi yang berhasil dihimpun, hari libur nasional dan cuti bersama tahun ini ditetapkan melalui berdasarkan SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PANRB.

SKB itu bernomor 617/2018, 262/2018 dan 16/2018 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019.

Menurut SKB, tanggal 5 sampai 6 Juni 2019 meruakan libur hari raya Lebaran. Sedangkan tanggal 3, 4, dan 7, ditetapkan sebagai hari cuti bersama Idul Fitri 1440 H. Karena tanggal 8-9 adalah akhir pekan, maka masa libur lebaran melebihi ketetapan pemerintah.

Cuti Bersama 2019

Keputusan yang tertuang dalam SKB dilakukan untuk efisiensi dan efektifias kerja. Selain itu, juga menjadi pedoman bagi instansi menentukan hari libur dan cuti bersama.

Deputi Bidang Pendidikan dan Agama di Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenko PMK RI, Agus Sartono, menegaskan penetapan libur dan cuti bersama sudah ditetapkan melalui SKB.

Menurut Agus, lebaran dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis atau anggal 5-6 Juni. Berdasarkan SKB, hari liburnya (cuti bersama) yaitu hari Senin, Selasa dan Jumat atau tanggal 3, 4 dan 7 Juni.

Agus menyebutkan, 1 Juni juga merupakan hari libur nasional. Hari tersebut merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Tapi 1 Juni tidak masuk dalam kategori libur lebaran. Dengan begitu, 31 Mei 2019 masih hari kerja, karena tidak masuk agenda libur lebaran atau cuti bersama dalam SKB.

Namun, Agus menuturkan, pihaknya tidak mempersoalkan jika ada kantor yang memiliki kebijakan meliburkan pegawai mulai 31 Mei 2019. Apalagi 31 Mei adalah hari Jum`at, dimana pada hari-hari biasa hari Jum`at dipakai untuk kegiatan olahraga dan senam.

Libur Lebaran 2019

Agus menegaskan, ketentuan atau kebijakan cuti bersama merupakan bagian dari upaya pemerintah mencegah terjadinya penumpukan pemudik pada arus balik lebaran tahun 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, menyebutkan bahwa libur lebaran bagi PNS hanya berlaku selama delapan hari. Libur lebaran terhitung mulai dari tanggal 2 Juni sampai 9 Juni 2019.

Menurut Bima, tanggal 10 Juni Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah harus masuk kerja. Tapi menurutnya, total jumlah hari libur lebaran bagi PNS menunggu penentuan tanggal Hari Raya Idul Fitri.  

Tapi jika Hari Raya Idul Fitri sesuai pada kalender, yakni 5 dan 6 Juni 2019, maka libur cuti bersama ditetapkan pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019. Bima menegaskan, penetapan tanggal cuti bersama sudah tertuang dalam SKB) tiga menteri.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB), Syafruddin, menyebutkan, kepastian libur lebaran diputuskan pada hari Senin (20/05/2019). Cuti Bersama dan Libur Lebaran 2019. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...

Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut

Reportasee.com, Jakarta, - Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut. realme baru-baru ini merilis smartphone Realme X2 Pro. Perusahaan...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -