26 C
Indonesia
Rabu, Februari 26, 2020
No menu items!

Debu Supernova Ditemukan Peneliti di Salju Antartika

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

Reportasee.com,- Debu Supernova telah ditemukan para peneliti di salju Antartika. Telah terungkap bahwa debu tersebut berusia sekitar 20 tahun.

Melansir dari Astronomy, Rabu (21/08/2019), tim astronom dari Jerman dan Austria baru-baru ini memanfaatkan pelestarian di Antartika dengan mengumpulkan lebih dari 1.000 pon salju yang diletakkan dalam 20 tahun terakhir.

Antartika adalah salah satu tempat paling murni di planet ini. Berkat sifatnya yang tidak ramah dan berisolasi alami, itu adalah tempat yang baik bagi para astronom untuk mencari meteorit dan bahan-bahan lain yang jatuh dari langit.

Setelah menganalisis berbagai debu dan biji-bijian yang mereka temukan di dalam salju, mereka menemukan sejumlah zat besi-60 yang mencurigakan. Jenis zat radioaktif ini memberi tahu mereka bahwa Debu Supernova itu bukan berasal dari lokal, tetapi berasal dari luar angkasa.

Terlebih lagi, mereka menduga itu berasal dari Supernova yang meledak di masa lalu.

Para astronom menduga bahwa ketika Matahari dan Bumi melintasi lingkungan galaksi lokal, keduanya akan membajak melalui awan puing-puing. Sehingga menyebabkan bahan-bahan tersebut turun ke bumi.

Penelitian Debu Supernova

Sebelum para astronom itu mempublikasikan temuan mereka pada Senin, (12/08/2019) di jurnal Physical Review Letters, mereka telah menganalisis debu kosmik yang dicari-cari selama ini.

Mereka menjalankan penelitian tentang Debu Supernova melalui instrumen yang disebut spektrometer massa untuk menentukan susunan kimiawi yang tepat dari setiap bahan yang terperangkap di dalamnya.

Ini memberi tahu mereka tidak hanya ada zat besi dan mangan dalam sampel, tetapi secara khusus zat besi-60 dan mangan-53.

Hasil Temuan Debu Supernova

Para peneliti telah melihat besi-60 seperti sebelumnya di bebatuan tua yang tertanam di dasar laut atau bahkan di Bulan.

Dalam kasus itu, mereka menaruhnya di Supernova. Bintang sekarat yang ledakannya akan menciptakan semua jenis elemen eksotis, termasuk besi-60 telah diteliti.

Namun faktanya besi-60 masih jatuh ke Bumi sehingga dapat membantu para astronom menghubungkan jatuhnya besi yang lama ke yang baru terjadi hari ini.

Kemudian mereka mulai tahu dimana dan kapan Debu Supernova terjadi yang menciptakan besi di tempat pertama. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -