ISS Miliki Port Docking Baru Untuk Pesawat Antariksa

0
1392
ISS Miliki Port Docking Baru Untuk Pesawat Antariksa
Foto : ISS

Reportasee.com,- Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) miliki port docking baru untuk pesawat antariksa. Itu artinya sudah ada tempat parkir khusus pesawat ruang angkasa yang diluncurkan NASA di masa depan.

Melansir dari Astronomy, Jumat (23/08/2019), dua astronot NASA, Drew Morgan dan Nick Hague berhasil memasang adaptor docking baru di ISS untuk kendaraan SpaceX dan Boeing yang mungkin tiba bersama awak pada awal 2020.

Sementara kompleks yang mengorbit sudah memiliki satu International Docking Adapter-3 (IDA-3) yang tersedia untuk kendaraan tersebut.

Uji coba pesawat Dragon akan diluncurkan pada bulan Maret 2020. NASA mengatakan bahwa dua opsi docking akan memungkinkan lebih banyak fleksibilitas.

Berkat adaptor baru IDA-3, ISS sekarang dapat memungkinkan dua kendaraan komersial untuk merapat dan masuk secara bersamaan.

Manajer program ISS, Kirk Shireman mengatakan, adaptor baru adalah langkah yang sangat perlu untuk dikerjakan dan dipasangkan.

“Jika kita memiliki empat anggota kru dan kita hanya memiliki satu pelabuhan docking, kita harus menumpuk semua orang di dalam kendaraan dan pergi sebelum yang berikutnya masuk,” tambahnya.

Instalasi Kabel di ISS

Nick Hague pertama-tama mengambil kamera nirkabel portabel untuk ditempatkan di dekat lokasi kerja mereka, sehingga kontrol misi dapat mengawasi pekerjaan mereka.

Lalu Drew Morgan memindahkan pengekangan kaki untuk mendapatkan daya ungkit yang lebih baik saat melakukan pekerjaan pemasangan kabel.

Kemudian mereka bergiliran mengambang bebas dan bekerja di dalam penahan kaki untuk memasang kabel,yang akan memasok daya dan data antara IDA-3 dan adaptor kawin bertekanan yang menghubungkan ke seluruh stasiun ruang angkasa.

Panambahan Reflektor di ISS

Setelah pemasangan kabel IDA-3, keduanya menambahkan reflektor yang berfungsi sebagai alat bantu visual untuk kendaraan yang mendekati stasiun ruang angkasa.

Wahana antariksa itu selesai lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Meski sebenarnya ada kekhawatiran bahwa beberapa kabel yang diharapkan menjadi sedikit kaku.

Namun setelah proses selesai, kabel-kabel itu telah siap digunakan di stasiun ruang angkasa selama 5 tahun kedepan. ***

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here