30 C
Indonesia
Senin, Desember 9, 2019
No menu items!

Kuliner Khas Jawa Barat, Sudah Pernah Nyobain Belum?

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

JABAR,- Kuliner Khas Jawa Barat. Propinsi Jawa Barat merupakan salah satu pusat kuliner di tanah air. Berbagai makanan dan minuman khas Jawa Barat terkenal secara nasional hingga internasional.

Karena citra rasa yang diberikan sangat enak dan lezat serta dengan penampilan yang sangat menawan. Tak aneh jika banyak orang di Indonesia menyukai makanan dan minuman khas Jawa Barat.

Berbagai macam kuliner terbaru terus diciptakan oleh para juru masak dan kawula muda Jawa Barat yang tersohor kreatif dan inovatif. Apabila anda berlibur di Jawa Barat maka jangan pernah melewatkan untuk menikmati kuliner khas Jabar. Berikut ini beberapa makanan kuliner khas Jawa Barat yang terkenal hingga ke mancanegara, antara lain :

Lepet Kuningan

Kuliner Khas Jawa Barat
Foto : Lepet Kuningan (Indonesiakaya.com)

Bagi masyarakat sunda pastinya tidak asing dengan lepet kuningan. Kuliner ini mempunyai ciri khas dari segi kemasan yang dibungkus daun kelapa dan isinya adalah ketan putih yang dicampur dengan parut kelapa. Di dalam campuran ketan putih dan parutan kelapa tersebut diberi isi berupa kacang. Pada saat momen idul adha dan idul fithri, lepet sering disajikan menu kuliner untuk menjamu tamu maupun menu makanan cemilan yang mampu membuat ketagihan setiap penikmatnya. Disebabkan rasanya yang sangat gurih dan mantap.

Karedok

Foto : Karedok (Primarasa.co.id)

Karedok merupakan kuliner khas Jawa Barat yang paling tersohor. Bahan baku yang dipergunakan untuk membuat karedok sangat sederhana yakni aneka bahan sayuran yang mentah dan masih segar seperti tauge, terong, kol, kacang panjang, dan daun kemangi.

Kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam ulekan. Lalu ditambahkan dengan campuran bumbu kacang maupun bumbu pedas. Kalau di tanah air, kuliner ini layaknya pecel atau gado gado.

Dorokdok

Foto : Dorokdok

Kuliner khas Jawa Barat yang terkenal lainnya adalah dorokdok. Makanan ciri khas daerah Garut ini mempunyai tampilan berwarna kecoklatan layaknya kerupuk goreng. Bahan baku utama dorokdok adalah kulit kerbau atau kulit sapi. Yang kemudian dibersihkan dan digoreng hingga matang seperti kerupuk.

Dorokdok dipercaya dapat mengobati sakit disentri atau mencret. Rasa dorokdok adalah gurih, renyah dan enak. Ketika disantap menimbulkan bunyi dorok dok sehingga dinamakan dorokdok.

Dodol Garut

Kuliner Khas Jawa Barat
Foto : Dodol Garut

Salah satu makanan manis yang identik dengan propinsi Jawa Barat lainnya adalah dodol. Makanan khas ini berasal dari daerah Garut sama halnya kuliner dorokdok.

Ini yang membuktikan bahwa kota Garut merupakan penyumbang kuliner khas Jawa Barat yang paling tersohor secara nasional. Dodol Garut yang original terbuat dari bahan dasar tepung ketan, gula merah dan parutan kelapa.

Seiring dengan kreatifitas tinggi di kalangan anak muda Jawa Barat maka Dodol Garut dibuat dengan berbagai macam rasa. Seperti dodol kacang, dodol rasa strawberi, dodol rasa melon, dodol rasa sirsak, dodol rasa mangga dan rasa lainnya. Bahkan ada yang memadukan dodol dengan coklat yang dikenal dengan istilah chocodot.

Lontong Kari

Kuliner Khas Jawa Barat
Foto : Lontong Kari

Makanan tradisional khas Jawa Barat lainnya adalah lontong kari. Kuliner ini terbuat dari lontong yang diberikan kuah kari dari daging sapi atau ayam. Adapun taburannya adalah bawang goreng dan serpihan daging. Rasa lontong kari sangat enak dan gurih yang membuat ketagihan.

Di berbagai sudut kota dan tempat di propinsi Jawa Barat sangat mudah mendapatkan usaha yang berjualan lontong kari dengan harga yang sangat terjangkau. Di desa penulis harga satu porsi lontong kari sebesar Rp 6000.

Demikianlah berbagai macam kuliner khas Jawa Barat yang dapat saya sampaikan. Untuk melengkapinya, sobat dapat menambahkannya sendiri. Mengingat banyak sekali makanan tradisional khas Jawa Barat. Demikian artikel Kuliner Khas Jawa Barat, Sudah Pernah Nyobain Belum? ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -