28.7 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

LAPAN Fokuskan Indonesia Dalam Penguasaan Satelit

Wajib Baca

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional lebih memfokuskan Indonesia dalam penguasaan satelit bukan mengorbit Bumi dan Bulan. Hal ini diungkapkan lantaran negara tersebut masih belum selevel Amerika Serikat dalam misi Apollo 11.

Melansir dari CNN Indonesia, Rabu (24/07/2019), LAPAN masih belum cukup mampu dalam meluncurkan hingga mendaratkan manusia untuk terbang ke Bulan di masa depan.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin menyatakan, Indonesia masih harus konsentrasi penuh dalam penguasaan satelit, teknologi serta roket peluncur. Pihaknya tidak terburu-buru dalam melakukan misi ke Bulan.

Jangankan menyamai pencapaian negara tersebut. Ada banyak keterbatasan yang masih harus dimiliki Indonesia dari berbagai bidang, terutama teknologi canggih demi mengorbit Bumi.

“Indonesia masih harus fokus luar dalam terkait penguasaan teknologi, mulai dari pengembangan roket peluncur hingga satelit untuk mengorbit Bumi dan Bulan,” ujar Thomas kepada wartawan CNN Indonesia, Rabu (17/07/2019).

Misi LAPAN di Masa Depan

Dengan keterbatasan yang dimiliki, Thomas sangat yakin bahwa Indonesia juga bisa menyusul misi Apollo 11 untuk melakukan misi eksplorasi luar angkasa entah di beberapa tahun mendatang.

Dia juga mengatakan, untuk saat ini LAPAN masih belum siap untuk melakukan pendaratan manusia ke Bulan kurang dari 50 tahun kedepan.

Akan tetapi, misi itu akan terus diusung demi menyamai level Amerika Serikat untuk berkontribusi besar terhadap kehidupan antariksa, lebih tepatnya di beberapa Planet terkedat.

Sejauh ini, beberapa Universitas Indonesia telah siap mengusung misi tersebut dengan mengembangkan teknologi berupa robotik. Dengan alat canggih ini, Indonesia bakal sanggup meluncurkan astronot pertama menuju luar angkasa.

Misi Apollo 11

Pada misi Apollo 11 pada 16 Juli 1969. Para astronot Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat, Michael Collins, Edwin ‘Buzz’ Aldrian dan Neil Amstrong meluncur dan berhasil mendarat di Bulan pada 20 Juli 1969.

Pada 22 Juli 1969, mereka kembali ke Bumi dan tiba di Samudera Pasifik pada 24 Juli 1969 setelah berhasil mengumpulkan 50 batuan yang terkemas dalam 22 kg material dari Bulan.

Misi inilah yang menjadi bahan acuan LAPAN untuk segera menyusul Amerika Serikat demi mengeksplor antariksa. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -