30 C
Indonesia
Rabu, Februari 26, 2020
No menu items!

Letusan Gunung Berapi Russia Ungukan Matahari

Wajib Baca

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com - Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara...

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas...

Reportasee.com,- Letusan gunung berapi di Russia menyebabkan Matahari terbenam menjadi ungu. Para peneliti di University of Colorado Boulder telah mengemukakan fenomena itu.

Melansir dari CNN, Kamis (19/09/2019), Sebuah tim di University of Colorado Boulder memperhatikan bahwa Matahari terbit dan terbenam didominasi warna ungu selama musim panas. Hal ini disebabkan letusan gunung berapi yang hingga kini masih aktif.

Menurut laporan peneliti, aerosol telah menyebarkan sinar Matahari saat melewati udara. Partikelnya dikombinasikan dengan penyerapan cahaya oleh lapisan ozon.

Beberapa bulan yang lalu, letusan gunung berapi itu disebut sebagai Raikoke. Dalam prosesnya, fenomena tersebut mengirimkan abu dan gas vulkanik dari kawah selebar 700 meter ke atmosfer.

NASA membuat pernyataan, Letusan itu begitu besar sehingga bisa dilihat oleh para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Uapan Letusan Gunung Berapi

Saat Matahari terbenam secara normal, cahaya sinarnya melakukan perjalanan melalui sejumlah atmosfer Bumi, dan cahaya biru mencerai-beraikan aerosol yang dihadapinya. Ini berarti lebih sedikit cahaya biru mencapai dari arah dekat matahari sehingga menyebabkan langit tampak oranye dan merah.

Ketika aerosol vulkanik hadir di stratosfer, cahaya biru yang tersebar dari aerosol yang lebih dekat ke permukaan Bumi dapat tersebar lagi. Cahaya itu bercampur dengan cahaya merah yang datang dari Matahari sehingga menghasilkan langit berwarna ungu.

Peneliti University of Colorado Boulder, Lars Kalnajs mengatakan, uapan letusan gunung berapi itu tidak perlu dikhawatirkan. Namun, siapapun harus tetap waspada pada saat fenomena itu terjadi.

Penelitian Terhadap Letusan Gunung Berapi

Dia mengutip letusan di Gunung Tambora pada tahun 1815 yang menyebabkan tahun tanpa musim panas lantaran hanya abu dan material vulkanik yang tersisa di atmosfer.

“Ada kegagalan panen di seluruh dunia, dan ada es di sungai-sungai Pennsylvania yang tidak mencair hingga beberapa bulan,” katanya.

Itulah salah satu alasan mengapa timnya melakukan penelitian. Data awal yang dikumpulkan sejauh ini menunjukkan bahwa beberapa lapisan aerosol di stratosfer 20 kali lebih tebal dari biasanya setelah letusan.

“Ini adalah letusan yang relatif kecil, tapi itu cukup berdampak pada sebagian besar belahan Bumi utara,” ujar Kalnajs. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Singkronisasi Kurikulum, SMKN 2 Ciamis Buka Program Studi 4 Tahun

Siswa SMKN 2 Ciamis Melakukan Praktek Produksi Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Sedan All New K5 dari Kia Terlihat Kokoh

Reportasee.com – Sedan All New K5 dari Kia terlihat kokoh. Pada perkembangan teknologi yang semakin modern, negara ginseng atau Korea terkenal dengan pabrik mobil ternama yaitu Kia. Kia memproduksi mobil terbaru, salah satunya sedan All New K5.  Mobil sedan dengan jenis ini semakin sporty dan elegan. Penasaran seperti apakah desain dan performanya, berikut ini ulasannya. […]

Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat

Reportasee.com - Kesalahan Saat Berkunjung ke Paris Ini Perlu Diketahui Sebelum Anda Berangkat. Sebuah tempat wisata kelas dunia yang harus Anda kunjungi...

Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya

Reportasee.com - Oleh-Oleh Khas Jogja, Ini Rekomendasinya. Jogja, kota dengan sejuta pesona alam dan budaya. Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang...

Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk

Reportasee.com – Curug Cigamea, Objek Wisata Alam Indah dan Sejuk. Curug Cigamea merupakan salah satu objek wisata alam air terjun yang berlokasi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -