Manfaat Mandi dengan Air Hangat, Mampu Atasi Stres

0
139
Manfaat Mandi dengan Air Hangat, Mampu Atasi Stress

Reportasee.com – Manfaat mandi dengan air hangat, mampu atasi stress. Berbicara tentang air putih, bukanlah hal asing jika manfaatnya sangat banyak sekali untuk kesehatan tubuh.

Bahkan air hangat ternyata juga memiliki manfaat untuk menghilangkan stres. Anda bisa memanfaatkan air hangat untuk mandi ataupun diminum untuk menghilangkan stress.

Lalu apa saja manfaat air hangat dan bagaimana cara kerjanya?

Manfaat Mandi dengan Air Hangat

Memberikan Efek Tenang pada Tubuh

Stress seringkali terjadi akibat terlalu banyaknya seseorang memikul suatu beban ataupun karena aktivitas sehari-hari yang padat, misalnya karena menyelesaikan pekerjaan.

Stress pun juga berdampak pada fisik, misalnya tubuh menjadi lesu dan kurang bersemangat.

Maka dari dari itu, ketika Anda merasa stress setelah melakukan aktvitas yang berat, dianjurkan sekali untuk mandi dengan air hangat.

Nikmati sensasinya sambil bersantai sambil menikmati guyuran air hangat selama beberapa saat.

Mandi dengan air hangat, ketika tubuh Anda lelah tersebut, akan memberikan efek tenang pada tubuh dan perasaan pun lebih lega.

Ketika tubuh Anda  lebih tenang, maka beban dan rasa stress yang menjadi masalah Anda pun akan menghilang dan produksi kortisol yang sebabkan stres berkurang.

Untuk itu, mandi dengan air hangat ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Menenangkan Sistem Saraf

Seperti telah dibahas, stres dapat terjadi pada seseorang akibat suatu beban pikiran yang terlalu banyak, sehingga bisa mengakibatkan kondisi seseorang menjadi kurang fokus atau bahkan bisa mengalami masalah kesehatan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, air putih juga baik dikonsumsi untuk mengatasi stres. Manfaat air hangat tersebut yaitu dapat membantu menenangkan sisten saraf pusat dan melumasi tubuh.

Pada saat Anda merasa stres, maka sistem saraf pusat pun seringkali tidak bekerja secara optimal akibat banyaknya hal yang Anda pikirkan. 

Nah, air hangat tersebut dapat membantu memberikan relaksasi pada sistem saraf Anda.  

Ketika kondisi Anda lebih rileks, maka kerja orga tubuh Anda pun akan lebih optimal, sehingga Anda pun akan terhindar dari masalah seperti cepat lelah, kurang fokus dan sebagainya.

Ketika  tubuh anda rileks, maka pikiran Anda pun akan lebih segar dan tak akan stres lagi.

Mengatasi Susah Tidur

Stress memang memilki dampak yang kurang baik bagi tubuh, utamanya dalam hal kesehatan.

Seringkali rasa stress berpengaruh pada interaksi sosial, nafsu makan hingga masalah tidur.

Nah, ketika Anda mengalami masalah tidur akibat stress, maka lebih baik Anda segera mandi dengan air hangat.

Mandi dengan air hangat ternyata memilki khasiat yang baik untuk megatasi susah tidur yang Anda alami akibat stress.

Jadi ketika Nada merasakan insomnia yang sering terjadi dan membuat Anda merasa gelisah,  akan lebih baik jika merendamkan diri pada air hangat selama beberapa saat agar tubuh Anda lebih rileks.

Mengapa mandi air hangat tersebut bagus untuk mengatasi insomnia?

Hal tersebut terjadi karena pada saat Anda mandi dengan air hangat, maka suhu pada tubuh pun akan meningkat dan akan kembali menurun pada saat Anda keluar dari kamar mandi.

Dengan dengan perubahan suhu yang terjadi pada tubuh Anda inilah yang bisa membuat tidur Anda lebih baik karena akan memberikan efek mengantuk lebih cepat. Kondisi ini tentu saja akan memperbaiki kualitas tidur Anda pastinya kan.

Mandi merupakan suatu aktivitas yang perlu kita lakukan secara rutin setiap  hari aitu agar tetap vit dan segar sepanjang hari.

Mandi dengan air hangat juga merupakan suatu cara terbaik yang perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan terbebas dari penyakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki keluhan penyakit seperti tekanan darah tinggi, mandi dengan air hangat bisa menjadi solusi pengobatan yang perlu Anda lakukan.

Pasalnya mandi dengan air hangat ini diketahui dapat memperlancar sirkulasi darah, sehingga tekanan darah pun akan lebih lancar.

Nah, ketika sirkulasi darah lebih lancar, maka Anda pun akan memilki kondisi tubuh yang lebih sehat.

Sehingga timbulnya resiko penyakit seperti serangan jantung hingga stroke pun dapat dicegah.

Meskipun begitu, perlu Anda ketahui bahwa mandi air hangat juga dapat meningkatkan denyut jantung.

Efek tersebut tentu saja perlu Anda waspadai terutama bagi Anda penderita gangguan jantung.

Sehingga apabila Anda ingin mandi dengan air hangat, maka perlu sekali terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter mengenai suhu air yang pas untuk mandi.

Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Apakah Anda menginginkan tulang, otot, maupun sendi Anda tetap kuat dan terbebas dari masalah-masalah yang seringkali mengganggu aktifitas?

Untuk menjaga kesehatan tulang maupun sendi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, olahraga teratur atau bahkan juga dengan mandi air hangat.

Bagi Anda yang baru mendengar, ternyata manfaat mandi dengan air hangat ini ternyata baik untuk menjaga kesehatan  sendi, tulang dan juga otot.

Bahkan pada kasus seseorang yang terkena penyakit osteoarthristis, kondisi gejala penyakit tersebut juga dapat diredakan.

Mengingat kompleksnya manfaat dari mandi air hangat untuk kesehatan tulang, maka sangat recommended sekali untuk Anda coba.

Caranya yaitu pada saat Anda sedang mandi dengan air hangat tersebut, lakukanlah pergerakan pada tubuh yang terasa sakit. Misalnya pada pinggang, pundak, leher ataupun pada bagian tubuh lainnya.

Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala

Manfaat mandi dengan air hangat selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu dapat menyembuhkan flu dan sakit kepala yang tiba-tiba menyerang Anda.

Ketika Anda mengalami  kondisi penyakit ini, tentu akan terasa jengkel dan tak enak sekali bukan? Nah, pada saat Anda terserang flu maupun sakit kepala, maka lebih baik Anda mandi dengan air hangat.

Mengapa harus air hangat? Jadi, perlu Anda ketahui bahwa air hangat ini bisa bermanfaat sebagai dekongestan alami pada tubuh.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan ketika sedang mengirup uap air pada saat sedang mandi.  Dengan mandi menggunakan air hangat tersebut, maka sakit kepala Anda akan lebih ringan karena sirkulasi dahah pada tubuh pun akan lebih cepat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here