Peneliti Denmark Menemukan Senjata Bangsa Viking

0
317
Peneliti Denmark Menemukan Senjata Bangsa Viking
Foto : Peneliti Denmark

Peneliti Denmark, Heide W. Norgaard telah menemukan dan mengungkap senjata bangsa Viking. Ilmuwan asal Aarhus University, Denmark itu melakukan penelitian tersebut selama lebih dari 5 tahun.

Melansir dari laman SUARA.COM, Rabu (31/07/2019), senjata bangsa Viking itu telah melegenda lantaran terbuat dari 100 persen logam. Beberapa ahli senjata di masa itu merupakan seorang yang ulung dalam persenjataan.

Peneliti Denmark itu mengungkap, lebih dari 4.000 tahun, ahli persenjataan bangsa Viking sering mengimpor logam ke berbagai negara.

Norgaard telah memperkirakan bahwa negara Skandinavia merupakan pemasok utama dalam hal logam dan timah terhadap bangsa itu.

Awal Mula Logam yang Diungkap Peneliti Denmark

Peneliti Denmark itu telah melakukan berbagai macam riset terkait awal mula logam yang menjadi senjata utama bangsa Viking. Dalam risetnya, artefak logam campuran telah ditelusuri berawal dari Eropa dan Inggris.

Norgaard telah menjelaskan bahwa bangsa tersebut membudidaya bangsa lain dalam proses pembuatan senjata logam.

Ia mengatakan pada Jurnal PLOS One, Selasa (30/07/2019), Eropa dan Inggris telah menjadi pemasok timah pertama ke Denmark sekitar ribuan tahun yang lalu. Karena pada waktu itu, beberapa daerah Denmark sulit mendapatkan sumber logam.

Seperti yang dilakukan pada risetnya, ia bersama rekannya menganalisis elemen dan isotop sebanyak 210 artefak yang berasal dari logam.

Rata-rata artefak yang mereka teliti telah berusia ribuan tahun. Sedangkan kebanyakan sampel artefak yang mereka ungkap berawal dari 1700-1600 sebelum masehi.

Peneliti Denmark Ungkap Perdagangan Kuno

Penemua yang berhasil peneliti Denmark itu lakukan adalah 50 sampel artefak yang semuanya berasal dari logam. Yang mana temuan tersebut berawal dari jaman Perunggu Nordic.

Sementara itu, perdagangan kuno yang juga telah dilakukan bangsa Viking diklaim sangat primitif atau tak berlaku. Sehingga para bangsa itu melakukan proses importir logam dengan melintasi 2 rute.

Rute yang pertama adalah melewati Laut Baltik yang kini menjadi Negara Bohemia dan Jerman Timur.

Sedangkan rute yang kedua yaitu perairan di Kepualuan Inggris bagian barat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here