Penyebab Layar Laptop Berkedip dan Mati Total

0
157
Penyebab Layar Laptop Berkedip dan Mati Total

Reportasee.com – Penyebab Layar Laptop Berkedip dan Mati Total. Laptop sudah bukan menjadi terobosan baru lagi dalam dunia teknologi.

Alasan orang-orang memilih menggunakan laptop adalah kemampuan dari laptop sesuai dengan yang dibutuhkan banyak orang dan model serta bentuknya yang ramping dan ringan.

Bagi Anda yang mengalami masalah atau kendala dengan laptop, berikut cara mengatasi layar laptop berkedip dengan mudah.

Penyebab Layar Laptop Berkedip

Mempertahankan Kondisi Suhu Prosesor

Salah satu penyebab utama laptop sering berkedip adalah suhu prosesor yang panas. Untuk menjaga kestabilan suhu prosesor, Anda bisa menambahkan pendingin eksternal agar suhu tetap stabil.

Tidak hanya itu saja, sebaiknya hindarilah menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Gunakanlah laptop sesuai dengan kebutuhannya saja, terlebih jika tidak menambahkan pendingin tambahan.

Hal ini dikarenakan kipas bawaan laptop tidak cukup bisa diandalkan untuk menstabilkan suhu prosesor.

Memeriksa Kabel Monitor

Kabel penghubung antara monitor dan mainboard cukup sering mengalami kerusakan seperti lecet atau longgar. Jika hal seperti ini terjadi, layar laptop akan menjadi berkedip atau blank secara tiba-tiba.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba mempererat kembali konektor kabel ke mainboard jika masih memungkinkan.

Namun terkadang, kabel sudah tidak dapat digunakan lagi. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya gantilah kabel penghubung lama dengan kabel penghubung baru.

Menjaga Kesehatan VGA

VGA atau Video Graphics Array adalah salah satu bagian dari laptop yang cukup sering dituduh sebagai penyebab layar laptop berkedip.

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya bawalah laptop ke orang yang lebih ahli dalam hal perbaikan.

Baca:   Membersihkan Laptop Layar Sentuh dan Ramah Lingkungan

Hal ini dikarenakan VGA laptop adalah onboard yang sudah menyatu dengan mainboard sehingga membutuhkan ahli untuk bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Namun jika laptop Anda masih berada dalam masa garansi, sebaiknya bawalah ke tempat service center resmi untuk mengklaim garansi yang anda miliki.

Dengan mengklaim garansi resmi yang masih berlaku, Anda bisa mendapatkan pergantian VGA secara gratis.

Memanfaatkan Stabilizer

Cara mengatasi layar laptop berkedip yang selanjutnya adalah dengan menambahkan stabilizer. Namun, penggunaan stabilizer hanya bisa dilakukan jika kondisi arus listrik di rumah Anda dalam kondisi tidak stabil.

Hal ini dikarenakan stabilizer berperan sebagai penstabil arus listrik agar dapat digunakan oleh berbagai perangkat elektronik yang ada di rumah termasuk laptop.

Dengan menggunakan bantuan stabilizer, arus listrik akan stabil dan kembali normal sehingga laptop dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Melakukan Update pada Driver VGA

Sama seperti perangkat lainnya, driver VGA juga mampu mengalami masa using. Saat driver VGA sudah using, masalah seperti layar laptop yang berkedip dapat terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya untuk selalu melakukan update dan pembersihan terhadap driver VGA. Driver VGA dapat Anda update ke versi terbaru melalui website resmi vendor laptop tersebut.

Dengan melakukan update secara rutin, masalah yang mungkin terjadi pada laptop akan bisa teratasi dengan mudah.

Demikianlah cara mengatasi layar laptop berkedip yang dapat Anda lakukan. Kondisi layar laptop yang berkedip juga bisa saja terjadi akibat tidak melakukan service rutin pada laptop.

Cara-cara di atas akan membantu Anda mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan dari layar laptop berkedip.

Baca:   Laptop Terbaru Acer dan Rekomendasi Laptop Gaming Murah

Penyebab Laptop Mati Total

Apakah laptop yang biasa Anda gunakan tiba-tiba mati total tanpa ada sebab yang jelas? Banyak orang yang pernah mengalami kejadian seperti ini.

Laptop yang tiba-tiba mati ketika digunakan dapat menjadi kejadian buruk, terlebih jika laptop sedang sangat diperlukan.

Jika Anda pernah mengalami kejadian tersebut, berikut beberapa penyebab laptop mati total yang perlu Anda ketahui.

Terdapat Masalah Pada Baterai Laptop

Masalah yang satu ini cukup sering terjadi dalam penggunaan laptop. Meski cukup sering terjadi, laptop yang menggunakan teknologi baterai tanam akan cukup sulit untuk diatasi.

Baterai menjadi sumber daya yang dapat membuat laptop tetap hidup.

Jika laptop tiba-tiba mati, bisa jadi hal ini disebabkan oleh sumber daya pada baterai yang sudah habis, sehingga harus dilakukan pengisian daya.

Namun jika sudah diisi dan laptop masih tidak mau menyala, Anda bisa menunggu baterai terisi hingga penuh.

Setelah terisi penuh, Anda dapat mencoba untuk menyalakannya lagi.

Jika sudah tersisi penuh dan tetap tidak mau menyala, Anda bisa mencoba untuk melepas baterai laptop tersebut.

Apabila setelah baterai dilepas dan dipasangkan kembali laptop berhasil menyala, bisa jadi masalah terletak pada baterai tersebut.

Komponen Power Supply Bermasalah

Jika lampu indikator pada laptop tiba-tiba mati namun adaptor masih terlihat baik-baik saja, periksalah socket DC pada laptop.

Socket DC yang rusak dapat menyebabkan listrik tidak berjalan dengan stabil. Ketidakstabilan aliran listrik pada laptop dapat menyebabkan laptop tidak bisa menyala dengan benar.

Baca:   Penyebab Laptop Mati Sendiri Beserta Solusinya

Jika dalam keadaan ini, Anda bisa melepaskan jack adaptor laptop kemudian memasangnya lagi guna mengetahui kondisi ini.

Langkah ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah socket DC pada laptop bermasalah atau tidak.

Jika tidak ada masalah pada Socket DC, kemungkinan besar masalahnya terletak pada power supply.

Kerusakan power supply bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti tegangan listrik yang terlalu tinggi.

Anda bisa memeriksa bagian tombol on/off dan ic power. Menggunakan daya listrik yang berbeda juga dapat menyebabkan laptop tidak bisa menyala.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menekan tombol power selama 30 detik hingga daya baterai habis. Kemudian memasang charger kembali dan mengidupkannya.

RAM Laptop Bermasalah

Penyebab laptop mati total yang juga cukup sering adalah adanya kerusakan pada RAM.

Apabila lampu indikator masih menyala, kipas masih berfungsi, dan mesin masih berjalan sebagaimana mestinya, namun layar tidak dapat menampilkan apapun, bisa jadi kerusakan pada RAM-lah yang menjadi penyebabnya.

Jika Anda mengalami masalah ini, lepaskan RAM dan bersihkan pinnya. Anda bisa menggosokkan pin RAM pada penghapus pensil kemudian memasangnya kembali.

Jika terdapat dua socket RAM pada mainboard laptop, cobalah untuk memasang di tempat yang berbeda dari semula.

Penyebab-penyebab ini cukup sering terjadi dan dialami oleh banyak orang.

Namun tidak menutup kemungkinan ada penyebab lain yang bisa saja terjadi dan menyebabkan kematian pada laptop. Itulah diantaranya penyebab layar laptop berkedip dan mati total yang penting untuk Anda ketahui. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here