Perbedaan Petir dan Guntur saat Hujan

0
205
Perbedaan Petir dan Guntur

Reportasee.com – Perbedaan Petir dan Guntur saat Hujan. Bagi sebagian manusia, petir dan guntur merupakan salah satu hal yang menyeramkan.

Tidak hanya seram, namun keberadaannya juga mengejutkan banyak kalangan melalui suara dan nyala yang diciptakan.

Akan tetapi tahu kah Anda bahwa petir dan guntur itu berbeda? Nah, jika belum, berikut ini terdapat ulasan mengenai perbedaan petir dan guntur yang perlu Anda ketahui.

Berdasarkan Penyebabnya

Sebuah kejadian alam yang ada di bumi, pasti memiliki penyebab mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Tiap penyebab tentunya akan membuat perbedaan di berbagai hal yang terjadi. Sama seperti halnya petir dan guntur yang sering dianggap sama.

Padahal, faktanya penyebab terjadinya kedua hal tersebut sangat berbeda.

Guntur merupakan kilatan bunga api besar yang muncul diakibatkan karena muatan listrik. Muatan listrik ini dibangkitkan oleh awan hujan dari angin kilat.

Awan hujan angin kilat terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik antara bumi dan awan yang lama kelamaan semakin membesar kejadiannya. Hal ini merupakan penyebab munculnya guntur.

Sedangkan petir merupakan kelanjutan dari kejadian guntur tersebut. Perbedaan petir dan guntur terjadi saat pelepasan energi listrik dari awan ke bumi yang disebut dengan kilat.

Pelepasan energi listrik ini disebut dengan adanya guntur. Udara yang ditembus dari petir tersebut merupakan salah satu awal mula terjadinya guntur.

Berdasarkan Waktu Muncul

Berdasarkan waktu munculnya, petir dan guntur juga memiliki perbedaan yang signifikan. Biasanya petir dan guntur tidak muncul secara bersamaan namun berkelanjutan.

Hal ini merupakan salah satu bentuk yang wajar, mengingat petir dan guntur bukan merupakan satu kesatuan yang sama.

Seringkali, karena kejadiannya yang mengejutkan dua hal ini dianggap sebagai hal yang mirip.

Dilihat pada waktu kejadian, perbedaan petir dan guntur bisa dirasakan sedemikian rupa. guntur biasanya muncul terlebih dahulu karena keadaannya mirip seperti kilat.

Suaranya yang menggelegar seperti halnya kilat cahaya membuat guntur sebagai salah satu hal yang dianggap seperti petir. Padahal guntur hanyalah reaksi kimia dari kilatan itu sendiri.

Sementara itu, petir merupakan kemunculan setelah adanya guntur. Pada petir ini bisa dikatakan sebagai akhir dari munculnya guntur.

Apabila guntur bisa mempercepat terjadinya hujan, maka petir membuat hal tersebut berlangsung secara singkat pula.

Jadi pada kesimpulannya, petir dan guntur terjadi secara berkelanjutan namun tidak bersamaan.

Berdasarkan Tempat Terjadi

Lalu yang terakhir untuk menjadi pembeda antara petir dan guntur adalah tempat terjadinya aktivitas tersebut.

Tempat terjadinya petir dan guntur diantara dasar dan permukaan bumi.

Pada hal ini perbedaan antara tempat bisa dilihat pada hal yang signifikan, semisalnya dari kejadian yang paling dahulu yaitu guntur lalu petir.

Pada guntur, biasanya terjadi di atas permukaan bumi sehingga bisa dilihat langsung oleh manusia.

Namun terkadang bisa pula terjadi di atas awan sehingga hanya pantulannya saja yang bisa dilihat oleh manusia.

Sementara itu,  petir terjadi di kerak bumi. Sehingga lebih dekat dengan kerak bumi, maka dari itu hal tersebut bisa mengakibatkan seperti pohon tumbang dan sebagainya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here