28.7 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

PKIH Unigal Soroti Kegiatan KPU Ciamis di Luar Kota

Wajib Baca

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

Reportasee.com,- Direktur Pusat Kajian Ilmu Hukum (PKIH) Universitas Galuh (Unigal), Hendra Sukarman, SE, SH., MH menyoroti kegiatan KPU Kabupaten Ciamis yang selalu diselenggarkaan di luar kota. Bahkan dia menyebut hal itu sebagai modus untuk menghabiskan anggaran.

Hendra menilai, penyelenggaraan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 yang baru-baru ini digelar KPU Ciamis merupakan pemborosan anggaran. Pasalnya pertemuan tersebut digelar di luar Kabupaten Ciamis, yakni di Karang Resik, Kota Tasikmalaya, Selasa (30/07/2019).

Menurut Hendra, KPU Ciamis hanya membuang-buang anggaran dalam penyelenggaraan kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye. Padahal penyelenggaraan Pilkada serentak dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, bukannya di Tasik.

Hendra berpendapat, masih banyak tempat yang layak di Kabupaten Ciamis untuk menyelenggarakan kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019. Dia justru mempertanyakan pertimbangan KPU yang memilih kegiatan di luar Ciamis.

Pasalnya, masih ada tempat, gedung atau hotel di Ciamis yang mampu menampung hinggga 100 orang peserta untuk kegiatan sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Hendra mengingatkan bahwa kegiatan yang diselenggarakan KPU Kabupaten Ciamis dibiayai oleh pemerintahatau APBD Ciamis, bukannya menggunakan anggaran pemerintah Tasikmalaya.

Hendra justru mensinyalir, kegiatan yang sengaja diselenggarakan di luar Kabupaten Ciamis merupakan modus KPU Ciamis untuk menghamburkan anggaran negara.

Di tempat terpisah, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Politik Partisipasi dan SDM, Muharam Drajat, membantah kegiatan tersebut merupakan modus pihaknya untuk menghabiskan anggaran negara.

Muharam menjelaskan, kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019 yang diselenggarakan KPU Kabupaten Ciamis merupakan usulan dari partai politik. Pasalnya, pihaknya selalu menggelar kegiatan sosialisasi di Aula KPU Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan di Tasik tadi adalah usulan bersama. Bukan inisiatif KPU Ciamis,” katanya.

Menurut Muharam, sebelumnya KPU Ciamis sudah melakukan survey ke sejumlah tempat di Kabupaten Ciamis. Namun pihaknya tidak mendapatkan tempat yang cocok untuk kegiatan tersebut.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Ciamis yang digelar KPU di Tasikmalaya, dihadiri perwakilan partai politik, media, Bawaslu dan unsur Forkopimda. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka mengumpulkan aspirasi semua elemen agar penyelenggaraan Pemilu kedepan lebih baik. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -