28.9 C
Indonesia
Jumat, Desember 6, 2019
No menu items!

Polisi Jateng Dipecat Akibat Sukai Sesama Jenis

Wajib Baca

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh...

Polisi Jateng dipecat akibat sukai sesama jenis. Keputusan itu diambil untuk menjaga martabat serta kewibawaan organisasi Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Pemecatan tersebut mendapatkan apresiasi positif dari Indonesia Police Watch (IPW).   

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, dilansir dari detik.com, Jum`at (17/05/2019), membenarkan apresiasi tersebut.

Menurut dia, pemecatan polisi dengan kelainan orientasi tersebut merupakan langkah positif menjaga wibawa Polri.  

Neta menilai, jika polisi yang bersangkutan tidak dipecat, maka organisasi Polri berpotensi dilecehkan berbagai pihak.

Terlebih perilaku menyimpang tersebut dianggap melanggar norma agama dan kesopanan. Termasuk melanggar Undang-undang No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian.  

Menurut Neta, langkah Polri memberhentikan polisi yang bersangkutan merupakan langkah yang tepat. Dari kasus ini, IPW meminta Polri melakukan penataan kembali sistem rekrutmen anggotanya.

Polri harus melakukan rekrutmen anggota secara ketat, termasuk melakukan seleksi ketat dari sisi psikologis agar kejadian ini tidak terulang.

Diberitakan sebelumnya, polisi berinisial TT dipecat dari kesatuan Polda Jawa Tengah lantaran memiliki kelainan orientasi, yakni menyukai sesama jenis.

Pemecatan itupun mengundang protes dari yang bersangkutan. Melalui kuasa hukumnya, TT menilai Polda Jawa Tengah melakukan diskriminasi.

Lakukan Banding dan Layangkan Gugatan

Mewakili TT, Kuasa Hukum dari LBH Masyarakat, Maruf Bajammal, dilansir dari detik.com, Kamis (16/05/2019), menyebutkan, tuduhan yang diarahkan pada kliennya tidak berdasar.

Pasalnya, pemeriksaan terhadap kliennya dilakukan tanpa ada laporan tuduhan terlebih dahulu.

Dengan kata lain, kata Maruf, pemeriksaan TT tidak berdasarkan laporan dari masyarakat.

Selanjutnya, kata Maruf, 18 Oktober 2017, kliennya dituduh melanggar kode etik, yakni Peraturan Kapolri (Perkap) No 14 tahun 2011.

Peraturan itu kemudian ditindaklanjuti dengan surat keputusan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH), pertanggal 27 Desember 2018.

Karena keputusan itu, kliennya melakukan banding. Sayangnya, upaya tersebut ditolak oleh Komisi Banding. Kliennya kemudian menggugat Kapolda Jateng ke PTUN Semarang, 26 Maret 2019.

Anggota Polri Wajib Patuhi UU dan KEPP

Polda Jateng memberika keterangan terkait Polisi Jateng dipecat akibat sukai sesama jenis.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja, mengatakan, berdasarkan data di Propam Polda Jateng, polisi berinisial TT dijerat pasal 7 ayat (1) huruf b dan pasal 11 huruf c Perkap 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri (KEPP).

Menurut Agus, TT dinyatakan bersalah karena perilakuknya tergolong perbuatan tercela. Perbuatan itu kemudian menjadi pertimbangan dalam memutuskan PDTH kepada yang bersangkutan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, menegaskan, perilaku menyimpai seperti menyukai sesama jenis merupakan tindakan melanggar norma agama dan kesopanan.

Untuk itu, setiap anggota Polri wajib mematuhi Undang-undang No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian.  

Menurut Dedi, Undang-undang No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian memang tidak spesifik memuat soal perilaku menyukai sesama jenis. Tapi, Polri menilai perilaku tersebut bertentangan dengan norma agama dan kesopanan. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...

Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut

Reportasee.com, Jakarta, - Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut. realme baru-baru ini merilis smartphone Realme X2 Pro. Perusahaan...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -