28.7 C
Indonesia
Minggu, Desember 8, 2019
No menu items!

PPDB Online 2019, Pemprov Jabar Gandeng ITB

Wajib Baca

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

JABAR,- PPDB Online 2019. Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersama-sama dengan Institute Teknologi Bandung (ITB) menyiapkan sistem informasi teknologi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK tahun 2019.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, Kabid Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Yesa Sarwedi Hami Seno, Senin (13//05/2019) mengatakan, berbeda dengan tahun lalu, PPDB tahun sekarng tidak dilakukan secara realtime.

Yesa menjelaskan, PPDB tahun lalu dilakukan secara realtime. Dengan ini, orang tua peserta didik menjadi tidak tenang. Mereka khawatir, posisinya sebagai pendaftar tergeser oleh pendaftar baru. Karenanya, waktu itu banyak pendaftar yang mencabut berkas pendaftarannnya.

“(Sekarang) tidak ditampilkan secara realtime. Supaya (orang tua) tidak merasa khawatir. Artinya, Pendaftar tidak diperbolehkan mencabut berkas yang sudah masuk,” kata Yesa.

Menurut Yesa, pendaftaran akan diperpanjang 1 sampai 2 hari jika kuota pendaftaran yang masuk ke sekolah tidak memenuhi kuota. Dengan kata lain, perpanjangan waktu dilakukan jika kuota belum terpenuhi.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika, Senin (15/05/2019), mengatakan, nama siswa akan masuk dalam sistem jika sudah mendaftar. Jadi, dengan begitu, tidak ada lagi cabut-mencabut berkas.

Sanksi Tegas Bagi Aparat yang Curang

Di tempat terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa, membenarkan, pada PPDB online tahun 2019 pihaknya menggandeng ITB. Pihaknya menilai, ITB memiliki kemampuan mumpuni dalam hal teknologi daring.

Iwa menegaskan, semua aparat yang terlibat dalam proses PPDB tahun 2019 harus menandatangani pakta integritas. Upaya tersebut merupakan langkah antisipasi atau pencegahan terjadinya kecurangan pada PPDB.  

“Tidak hanya kepala sekolah, operator juga harus menandatangani pakta integritas. Soalnya, pada PPDB sebelumnya, disinyalir ada operator yang otak-atik sistem. Jadi, (sekarang), jangan coba-coba bermain,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Iwa menyebutkan bakal memberikan sanksi tegas kepada aparat yang terlibat melakukan kecurangan pada proses PPDB tahun 2019. Sanksi yang diberikan sesuai dengan aturan atau ketentuan yang mengikat ASN (Aparatur Sipil Negara).

Diakui Iwa, beberapa tahun ke belakang, PPDB selalu menjadi polemik di masyarakat. Hal itu menyusul tingginya animo masyarakat menyekolahkan anak ke SMA Negeri. Padahal faktanya, SMA Negeri hanya menampung 34 persen lulusan SMP.

“Sisanya yang 66 persen, dipastikan harus mendaftar ke (SMA) swasta. Padahal SMA Swasta kualitasnya tidak kalah dengan SMA Negeri. Kami berharap, tidak ada lagi dikotomi (perbedaan) antara Negeri dan Swasta dengan adanya sistem zonasi,” ucapnya. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -