30 C
Indonesia
Senin, Desember 9, 2019
No menu items!

Sambut Puasa Ramadhan 2019 dengan Amalan Ini!

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

ARTIKEL,- Ramadhan 2019 tentu saja menjadi momen yang banyak dinantikan kaum Muslimin dan Muslimat di seluruh dunia. Dalam menyambut bulan suci Ramadhan berbagai persiapan perlu kita lakukan.

Amalan apa yang sebaiknya dilakukan dalam menyambut Ramadhan? Berikut ini kami bagikan beberapa amalan yang akan menyempurnakan ibadah puasa kita di Bulan Ramadhan:

1. Banyak Luangkan Waktu Baca Al-Quran

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah SAW melakukan tadarus Al-Quran bersama Malaikat Jibril setiap bulan Ramadhan. Ada begitu banyak faedah yang bisa kita dapatkan dengan membaca Al-Quran, terutama selama puasa Ramadhan 2019.

Bukan hanya hikmat puasa menjadi lebih maksimal, tapi juga curahan pahala yang berlimpah akan kita dapatkan. Membaca Al-Quran serta memahami isinya akan memberi keselamatan dunia dan akhirat. Semoga kita bisa mengamalkannya nanti di puasa Ramadhan 2019.

2. Sambut Ramadhan dengan Gembira

Kedatangan ‘tamu agung’ bulan suci Ramadhan haruslah disambut dengan gembira dan hati lapang oleh semua umat Muslim. Karena bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, bulan penuh berkah yang akan menyelamatkan kita dari api neraka.

5. Saling Memaafkan

Kita sebaiknya membersihkan diri dan hati sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Saling memaafkan antar keluarga, tetangga, dan teman-teman, menjadi salah satu cara untuk membersihkan hati.

Hal lain yang juga dianjurkan menyambut datangnya Ramadhan 2019 ialah dengan membersihkan rumah, mushola atau tempat ibadah sehingga nantinya akan membuat kita lebih khusyuk saat berbibadah di bulan Ramadhan.

4. Berziarah ke Makam Orangtua

Di Indonesia berziarah ke makam orangtua maupun keluarga sudah menjadi budaya, terutama ketika menjelang bulan Ramadhan tiba. Kirim doa untuk orangtua, keluarga, maupun leluhur sekaligus bertawasul kepada Allah SWT semoga dapat memberikan keselamatan bagi kita.

5. Kurangi Beraktivitas di Dunia Maya

Di era teknologi ini, orang seperti terhipnotis untuk selalu menggunakan gadget. Setiap hari kita tak pernah lepas dari berhubungan dengan smartphone.

Ada baiknya aktivitas tersebut kita kurangi selama bulan Ramadhan, termasuk mengakses internet grup Whatsapp, media sosial, maupun Youtube.

Pasalnya, tidak jarang informasi atau konten yang disajikan mengandung hal-hal yang dapat menggoda dan menggoyahkan nilai kekhusyukan puasa Ramadhan kita.

Mulai dari bergosip di sosial media, konten-konten seputar makanan dan minuman, hingga konten yang dapat mengundang syahwat. Semua perlu kita hindari bila ingin puasa Ramadhan kita lebih khusyuk dan mendapat pahala yang berlimpah.

Itulah beberapa amalan yang dapat menambah kesempurnaan ibadah puasa kita di bulan Ramadhan 2019. Semoga kita bisa meraih pahala sebanyak-banyak di Ramadhan tahun ini. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -