28.9 C
Indonesia
Jumat, Desember 6, 2019
No menu items!

Tank Baja Belanda Terkubur di Desa Sadewata Ciamis

Wajib Baca

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh...

Reportasee.com,- Warga Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, mengabadikan momentum bersejarah. Tank Baja Belanda Terkubur di Desa Sadewata Ciamis

Salah satunya dengan membangun monumen perjuangan di tempat terjadinya penyergapan/ ambush yang dilakukan pasukan Jenderal (Purn) Umar Wiradikusuma terhadap rombongan pasukan Belanda, pada tahun 1947.

Pada Tahun tersebut masyarakat Sadewata bersama pasukan pimpinan Jenderal (Purn) Umar Wiradikusuma, dengan strategi briliannya, berhasil menumbangkan tank baja milik pasukan Belanda.

Baca : Menelisik Warisan Budaya dan Sejarah di Ciamis

Sisa Tank Baja Belanda

Hingga saat ini, besi berupa velg dan rantai ban tank baja beserta ukiran karya seni terkait cerita sejarah perjuangan pasukan Indonesia bersama masyarakat melawan penjajah, menjadi pesona tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Ciamis maupun dari luar Ciamis.

Warga Desa Sadewata, Dian Ardiansyah, M,Pd, mengungkapkan, sampai saat ini monumen perjuangan masih berdiri kokoh dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Sadewata.

“Di dalam bangunan monumen masih tersimpan bendera merah putih. Dan juga sisa-sisa bagian dari tank baja, seperti velg dan rantainya,” ungkap Dian, Rabu (21/08/2019)

Baca : Eks Bangunan Belanda Ini Bukti Ciamis Pernah Dijajah

Dian menuturkan, Desa Sadewata memang memiliki sejarah yang kuat dengan luas wilayah kurang lebih 538,5 hektar. Setelah pemekaran pada Tahun 1992, terbagi dari tiga jenis tanah yakni tanah basah, kering dan kolam air.

“Masyarakat kita memang memiliki sejarah yang kuat. Khususnya perjuangan memerangi penjajah dan pemberontakan DI/ TII. Maka dari itu, sebagai simbol kebanggaan, para sesepuh membangun monumen bersejarah,” ucapnya.

Dian menyampaikan, hingga saat ini Desa Sadewata memang kerap menjadi jalur persimpangan Long March para tentara. Long March itu dalam rangka napak tilas sejarah perjuangan pahlawan zaman dahulu.

Kendati demikian, kurangnya perhatian dari pemerintah membuat potensi sejarah, kekayaan alam dan nilai budaya yang ada, tidak termaksimalkan.

Baca : Peta Kabupaten Ciamis dan Sejarahnya

Berharap Perhatian Pemerintah

“Sampai saat ini perhatian dari pemerintah setempat belum terasa berdampak terhadap kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Sadewata. Sebagai salah satu contoh, kurangnya perawatan monumen perjuangan yang berpotensi menjadi wisata edukasi,” ucapnya.

Dian menambahkan, revitalisasi Situ Hiang di Desa Sadewata diharap mampu menjadi awal kemajuan konsep pemberdayaan melalui Sumber Daya Alam (SDA).

Kedepannya, diharapkan mampu meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan potensi-potensi kekayaan yang dimiliki Desa Sadewata. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...

LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10

Reportasee.com, - LG G8 ThinQ Hadir Dengan Versi OS Terbaru Android 10. Setelah berada dalam program beta, LG akhirnya membawa versi...

Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut

Reportasee.com, Jakarta, - Spesifikasi Realme X50 dan X50 Lite 5G Bocor Jelang Debut. realme baru-baru ini merilis smartphone Realme X2 Pro. Perusahaan...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -